Skip to main content

CARA MENYILANGKAN BUNGA KELADI

Penyilangan tanaman bertujuan untuk mendapatkan varietas yang baru. Demikian pula dengan penyilangan bunga tanaman keladi hias. Hanya karena bunga jantan dan bunga betina tidak bersamaan masa matangnya, maka perlu dilakukan penyilangan antar tanaman keladi hias. seperti contoh dibawah.
 
Mari kita kenali dahulu bunga Keladi hias melalui gambar dibawah ini

Bunga Keladi mempunyai seludang atau kelopak pembungkus dengan benangsari di bagian atas dan putik di bagian bawah bunga. Saat bunga mekar, mahkota bunga akan terbuka dan terlihat bunga seperti batang dengan panjang 24 cm. Bersamaan dengan mekar bunga, benangsari pun merekah dan sekaligus masak. Tandanya, benangsari diselimuti bubuk-bubuk berwarna kuning. Namun sayangnya, meski benangsari jantan dan putik berada dalam satu bunga, waktu masaknya berbeda,
Putik akan matang 1 hari sebelum benangsari. Cirinya, bunga lengket dan beraroma. Karena itu dalam satu tanaman jarang bahkan bisa tidak pernah terjadi penyilangan sendiri. oleh karenanya perlu dibantu oleh tangan manusia agar terjadi perkawinan sempurna dan selain itu dimungkinkan untuk mendapatkan caladium jenis baru.
Kalau mempunyai beberapa tanaman caladium yang sama-sama sedang berbunga; satu bubuk benang sari bisa digunakan untuk dikawinkan dengan bunga jenis yang lain. Supaya benangsari awet; bisa disimpan terlebih dahulu dalam botol gelap dan tidak tembus cahaya. Selanjutnya dapat disimpan dalam lemari pendingin (kulkas) namun tidak freezer. Karena bubuk benangsari dapat bertahan selama 30 hari, sambil menunggu putik bahan indukan lain yang siap.

Waktu Penyilangan
Yang Baik untuk Penyilangan dapat dilakukan pada sore hari atau bisa malam hari yaitu antara jam 18.00 s/d 21.00 WIB.

Langkah-langkah Penyilangan:
  • Siapkan dua indukan atau lebih yang telah berbunga
  • Kemudian pilih salah satu yang telah matang benangsari untuk menjadi pejantan
  • Seludang bunga keladi (jantan dengan benangsari) dibuka, kemudian kumpulkan dalam wadah, atau kalau sudah mahir bisa menggunakan jari-jemari kita untuk proses penyilangan.
  • Kemudian pilih bunga keladi yang putiknya sudah matang juga, biasanya ditandai dengan aroma yang harum. Selanjutnya buka dan iris seludangnya supaya terlihat putiknya dan memudahkan penyilangan.
  • Benangsari yang telah dikumpulkan kemudian dioleskan ke putik secara merata (bisa pakai kuas bisa juga pakai jari).
  • Jika dirasa telah merata dalam pengolesan; tutuplah bunga keladi itu dengan plastik transparan, tujuannya untuk menghindari dari serangga, angin dan air. 
  • Tunggu sampai sekitar 7 hari setelah penyilangan. Bila putik masih mengeras, bunga tidak layu, dan terdapat bagian yang membesar berarti penyilangan berhasil.Sebaliknya, jika penyilangan gagal maka bunga akan layu dan putik membusuk/kering.
Foto Hasil Silangan Mas Heri 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Caladium Florida Warna Merah

Postman Joyner Red Flash Fire Chief Freida Hemple Florida Cardinal John Peed Poecile Anglais Blaze Torchy Florida Sunrise Royal Flush

Pesona Keladi Thailand

Gambar Diambil dari Berbagai Sumber