Skip to main content

PESONA KELADI THAILAND

Di Negara gajah putih, Bon Si, begitu sebutan keladi disana, termasuk yang juga menjadi lirikan para penghobi karena keladi hasil silangannya juga beragam warna. Beberapa peneliti menyatakan bon si masuk Thailand sejak 700 tahun lalu, ketika ibukota berada di Sukhothai. Bukti nyata terlihat pada beberapa tulisan dalam buku kuno dan gambar di dinding wat-kuil-menyerupai sosok keladi. Ukiran keladi juga terlihat di bebatuan. Bukti itu semakin menyakinkan peneliti, Thailand juga mempunyai keladi local. Yang ditemukan adalah keladi lokal berwarna putih. Menjelang pemerintahan Raja Chulongkorn-Rama V-Caladium putih itu dinamai Inao (nama salah satu karakter dalam puisi sang raja).(Trubus, 2007,21).

Kisah lainnya menyatakan Keladi hadir di Thailand berkat buah tangan tamu kerajaan asal Cina. Tamu itu membawa keladi yang kebanyakan berkelir merah-berlayar ke Thailand supaya selamat sampai ke tempat tujuan. Dalam mitologi Cina-juga di Thailand warna merah merupakan keberuntungan. Yang dibawa adalah jenis phthong dan phongeun.

Beberapa penelitian menyakini caladium masuk dan banyak dikenal sejak periode Ayutthaya, 200-400 tahun silam. Saat itu Raja Chulalongkorn bergelar Rama V, gemar memelihara tanaman hias. Sepulang dari Eropa, sang raja membawa buah tangan caladium beserta tanaman hias lain pada 1897. Yang dibawa adalah Chao krung Denmark, chao Kaiser, dan chao amper. Ketiganya menjadi kesayangan sang raja. Total jenderal caladium yang masuk dari eropa sebanyak 200 jenis dan terus bertambah menjadi 300 jenis. Caladium yang datang umumnya berbentuk hati, merah gelap. dan merah muda (Trubus, 2007, 22-22).


Comments

Popular posts from this blog

CARA MENYILANGKAN BUNGA KELADI

Penyilangan tanaman bertujuan untuk mendapatkan varietas yang baru. Demikian pula dengan penyilangan bunga tanaman keladi hias. Hanya karena bunga jantan dan bunga betina tidak bersamaan masa matangnya, maka perlu dilakukan penyilangan antar tanaman keladi hias. seperti contoh dibawah.   Mari kita kenali dahulu bunga Keladi hias melalui gambar dibawah ini Bunga Keladi mempunyai seludang atau kelopak pembungkus dengan benangsari di bagian atas dan putik di bagian bawah bunga. Saat bunga mekar, mahkota bunga akan terbuka dan terlihat bunga seperti batang dengan panjang 24 cm. Bersamaan dengan mekar bunga, benangsari pun merekah dan sekaligus masak. Tandanya, benangsari diselimuti bubuk-bubuk berwarna kuning. Namun sayangnya, meski benangsari jantan dan putik berada dalam satu bunga, waktu masaknya berbeda, Putik akan matang 1 hari sebelum benangsari. Cirinya, bunga lengket dan beraroma. Karena itu dalam satu tanaman jarang bahkan bisa tidak pernah terjadi penyilangan sendi

Caladium Florida Warna Merah

Postman Joyner Red Flash Fire Chief Freida Hemple Florida Cardinal John Peed Poecile Anglais Blaze Torchy Florida Sunrise Royal Flush

Pesona Keladi Thailand

Gambar Diambil dari Berbagai Sumber